Cara Jitu Agar Blog Banyak Pengunjung Terbaru 2019

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk menaikan jumlah visitior atau pengunjung yang tadinya hanya sidikit, lalu berubah menjadi banyak. Cara tersebut bisa lewat beli jasa backlink dan sebagainya.

Namun apakah kalian tahu bahwa sebenarnya untuk membuat blog ada di page one pada pencarian google dan yang lainya tidaklah terlalu sulit. Bagi sebagian blogger khususnya yang pemula terkadang merasa takut dan jarang menerapkan teknik SEO.

Cara Jitu Agar Blog Banyak Pengunjung

Memang jika kalian baca  pada artikel yang telah kalian cari di google, terkadang kalian merasa bingung harus menerapkan teknik SEO dari mana, karena sangat banyak teknik SEO yang bisa kita implementasikan untuk membuat blog ada di page one.
Baca Juga :
   Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Muncul Di Google
   Cara Sekali Daftar Google Adsense 2019
   Cara Membuat Halaman Services Untuk Blog
Namun jika kalian ingin melakukanya secara pelan-pelan dan bertahap, maka suatau saat pasti blog kalian ada di page on mesin pencarian. Lalu bagaimanakah teknik SEO itu, disini kita akan bahas secara simple dan merupakan teknik SEO dasar.

Cara Jitu Agar Blog Banyak Pengunjung 
1. Buat Artikel Yang Banyak Dicari Orang
Salah satu trik agar blog bisa cepat naik ke page one adalah dengan membuat artikel yang banyak dicari oleh orang lain, lah kalau banyak dicari orang lain kan sainganya ketat, apakah kita bisa duduk diperingkat satu pada pencarian kalau sainganya banyak.

Tentu bisa, namun perlu waktu, kesarbaran dan trik supaya blog bisa ada di page one. Lalu bagaimana caranya. Caranya adalah kalian harus membuat artikel yang baik, unik dan berkualitas tentunya, contohnya coba lihat disini.

Contoh artikel berkualitas yang sangat disukai pengunjung adalah artikel yang bisa menyelesaikan permasalahaan mereka, contohnya misalkan ada orang yang mencari dengan menggunakan kata kunci "harga laptop murah berkualitas", maka di halaman page one google akan tampil berbagai webste dan blog yang menyediakan artikel yang berhubungan dengan laptop.

Cara Jitu Agar Blog Banyak Pengunjung
Gambar Hasil Pencarian Google
Kata kunci yang dimasukan ke mesin pencarian adalah harga laptop murah berkualitas, namun bisa kalian lihat pada gambar diatas ada begitu banyak web dan blog yang memiliki informasi tersebut. Namun jangan berfikir apakah kalian tidak bisa menyusul mereka yang ada di page one.

Kalian harus yakin bahwa blog kalian akan ada di page one dan bisa bersaing dengan blog lain, namun sebelum itu, tugas yang harus kalian lakukan adalah membuat konten yang berkualitas, dan seperti yang kalian tahu bahwa konten utama pada blog adalah artikel.

Buatlah artikel yang berisikan dengan jelas dan spesifik pada apa yang menjadi permasalahan pengunjung, jika web atau blog yang ada di page one ini hanya membuat daftar haraga, maka kalian buatlah daftar harga beserta spesifikasinya, apalagi jika dibarengi dengan reviewnya.

Dengan demikian kalian akan memberikan kepuasan kepada pengunjung karena artikel yang kalian sediakan memang berbobot karena dikemas secara lengkap, mulai dari harga, spesifikasi, review, dan yang lainya.

Keunggulan jika blog kalian ada di page one adalah jumlah pengunjung yang datang akan cukup banyak, dan akan makin mengokohkan blog kalian untuk tetap ada di page one dan meningkatkan posisi blog di page one.

2. Blog Walking
Ada sebagian blogger yang bilang bahwa teknik blog walking ini sudah tidak terlalu efekti. Namun kalau menurut admin, blog walking masih terbilang cukup efektif karena bisa mendatangkan pengunjung sesama blogger. Selain itu, keuntungan dari blog walking ini adalah kalian bisa saling mereview apakah blog kalian sudah cukup bagus atau masih terdapat kekurangan.

Cara melakukan blogwalking ini sebenarnya terbilang cukup mudah, kalian tinggal mencari blog-blog yang sekiranya terlihat aktif dan selalu melakukan update artikel. Setelah itu kalian baca terlebih dahulu artikel tersebut supaya paham apa dari sisi artikel tersebut. 

Lalu kalian tinggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel, dan tinggalkan URL blog kalian di kolom komentar dengan catatan ganti titik (.) menjadi koma (,). Contohnya seperti contohblog.com menjadi contohblog,com.

Hal ini untuk menghindari pemilik blog yang kita komentari terkena sangsi atau mempunyai nilai jelek karena setiap kali ada URL yang ditulis di blog, maka bisa saja dianggap sebagai spam. Maka tips terbaiknya adalah ganti titik menjadi koma agar URL tidak aktif.

03. Masuk Forum Blogger
Salah satu cara lain yang jitu agar blog banyak pengunjung adalah kalian masuk di forum blogger, baik itu di forum facebook, whatsapp, dan yang lainya. Dalam forum ini, kalian bisa sharing tentang blog mulai dari a sampai z sehingga akan makin menambah ilmu tentang dunia blogging.

Forum juga bisa digunakan sebagai sarana sharelink yang bagus karena memungkinkan menarik pengunjung yang cukup banyak, contohnya adalah jika kalian masuk ke forum, misal, blogger pemula 2019, nah kalian lihat saja terlebih dahulu, apakah dalam forum tersebut banyak blogger yang menayakan hal-hal yang sedikit banyak kalian sudah tahu.

Jika memang ada banyak orang yang bertanya pada forum tersebut, maka kalian cobalah untuk membuat artikel yang bisa membantu mereka, lalu share URL postingan kalian ke forum blogger tersebut, maka kemungkinan besar mereka yang membutuhkan informasi tadi akan mengklik URL artikel yang telah kalian buat, dan itu cukup lumayan menambah pengunjung blog.

Selain itu, dalam forum blogger tersebut kalian bisa saling melakukan blog walking yang artinya saling mengunjungi blog satu sama lain, dan bisa memberi komentar pada setiap artikel pada masing-masing blog.

04. Buat Grup Facebook
Cara efektif yang lainya dalah kalian harus membuat grup facebook, saya yakin kalian pasti mempunyai akun facebook dan mempunyai banyak teman di facebook. Alangkah baiknya kalian manfaatkan keberadaan media jejaring sosial ini untuk mempromosikan blog kalian sekaligus menanam backlink disana.

Jika dibandingkan dengan fanspage, pemberitahuan dari grup fb lebih sering muncul pada kolom pemberitahuan/notifikasi, serta grup fb terbilang lebih mudah dibuat dibandingkan dengan fanspage fb. 

Jika di lihat dari segi keefektifan nya pun, grup fb lebih mudah menambahkan teman ketimbang fanspage yang harus mencari like sebanyak mungkin. Dengan banyaknya anggota di grup fb yang telah kalian buat, maka itu bisa menjadi sarana backlink yang cukup ampuh untuk mendatangkan pengunjung.

Kalian tinggal share link kalian disana, serta gunakanlah trik ampuh lain yang bisa memancing orang untuk bisa mengunjungi blog kalian, salah satu cara ampuh untuk memancing orang mengunjungi blog kalian adalah membuat kuis.

05. Buat Artikel Yang Banyak Dicari Tapi Sedikit Penyedia.
Salah satu trik lain cara jitu agar blog banyak pengunjung adalah membuat artikel yang banyak dicari orang, namu jumlah penyedia artikel tersebut hanya sedikit saja, kalian bisa cari di halaman pencarian google di bagian atas, biasanya disana ada angka yang menunjukan jumlah hasil dari pencarian.

Dengan menggunkan cara ini, kemungkinan blog kalian dikunjungi banyak orang menjadi lebih besar karena hanya ada sedikit penyedia informasi tersebut.

06. Optimalkan Google Search Console
Cara jitu agar blog banyak pengunjung berikutnya adalah dengan melakukan optimasi pada google search console. Hal ini perlu kalian lakukan agar blog kalian terindeks oleh mesin pencarian google, sehingga ketika blog kalian dicari maka akan muncul di halaman google, baca disini tipsnya.

Dengan malakukan optimasi pada google search console, maka blog kalian akan lebih cepat terindek oleh mesin pencarian. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan fetch as google atau add sitemap.

07. Mendaftarkan Blog Ke Search Engine
Google search console adalah salah satu alat untuk mendaftarkan blog kita ke mesin pencarian google. Namun kalian pasti tahu kalau masih ada banyak mesin pencari selain google yang cukup populer seperti yahoo dan bing.

Untuk mengoptimasi blog agar banyak pengunjung adalah selain mendaftarkan blog ke google search console, kalian juga harus mendaftarkan blog kalian ke mesin pencari lain, Cara yang paling mudah untuk mendaftarkan blog ke semua search enggine sekaligus bisa kalian baca disini.

08. Menggunakan Alt Text Pada Gambar
Cara jitu agar blog banyak pengunjung selanjutnya adalah melakukan optimasi pada gambar yang kalian upload pada artikel kalian. Cara ini cukup mudah, kalian tinggal klik gambar tersebut lalu pilih propertis, maka akan tampil jendela popup.

Kalian masukan tittle text sesuai judul blog kalian, dan pada bagian alt text kalian masukan kata kunci yang telah kalian buat. Selain itu, hal yang harus kalian perhatikan adalah ukuran size dari gambar yang kalian upload

Usahakan gambar yang kalian upload berukuran maksimal 70kb, dan ukuran yang direkomendasikan adalah 60kb. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses loading page karena jika ukuran gambar yang dibuka terbilang cukup besar, maka akan membuat loading halaman blog kalian menjadi lambat dan berat.

09. Gunakan Permalink
Hal yang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dalam rangka agar blog banyak pengunjung adalah melakukan optimasi pada permalink, location, dan search description. Hal ini biasanya sering dilewatkan oleh beberapa blogger yang khususnya belum tahu tentang fungsi dari tiga tool tersebut. 

Permalink bisa kalian manfaatkan untuk membuat URL custom, contohnya jika artikel yang kalian buat memiliki judul cara jitu mendapatkan pulsa gratis terbaru 2019 , maka URL yang akan kalian dapatkan jika tidak menggunakan permalink akan seperti berikut     https://contoh.blogspot.com/2018/12/cara-jitu-mendapatkan-pulsa-gratis-terbaru-search.html.

Jika kalian menggunakan permalink, maka URL tersebut bisa kalian buat secara custom dengan lebih simpel, contohnya https://contoh.blogspot.com/2018/12/cara-mendapatkan-pulsa-gratis-search.html. Seperti itulah kira-kira fungsi dari permalink itu, jika dilihat dari segi kesimplean, maka ada baiknya kalian menggunakan permalink saja.

Dan hal lain yang wajib kalian lakukan di permalink tersebut adalah masukan kata kunci pada URL yang akan kalian buat di mode custom, hal ini akan mempermudah mesin pencari dalam menemukan URL penyedia informasi, sehingga kemungkinan besar URL artikel kalian akan muncul di halaman depan google.

10. Manfaatkan Tool Location
Dibawah tool permalink terdapat juga tool location, tools ini sering kali jarang digunakan oleh blogger yang memang belum tahu apa fungsi dari tool location ini. Namun bila sekarang kalian sudah tahu, maka ada baiknya kalian manfaatkan tool ini untuk memperbanyak jumlah pengunjung blog.

Tool location ini bisa kita manfaatkan untuk mempfokuskan dan mengoptimalkan artikel yang kita buat di satu lokasi tertentu, contohnya jika artikel yang kalian buat berbahasa Indonesia, maka masukan location Indonesia agar blog banyak pengunjung dari Indonesia.

Namun jika blog kalian berbahasa inggris, maka ada baiknya kalian masukan lokasi Amerika atau yang lainya. Location ini sebenarnya bebas-bebas saja untuk dipilih, namuan sebagai tips jitu agar blog banya pengunjung, ada baknya masukan location yang menjadi target dari artikel yang telah kita buat.

11. Gunakan Search Description
Search description atau deskripsi bisa kalian gunakan sebagai cara jitu agar blog banyak pengunjung, hal paling sederhana dari search description ini adalah kalian isi saja deskripsi dari artikel kalian ini supaya ketika tampil dihalaman google ada deskripsinya.

Namun cara jitu agar blog banyak pengunjung menggunakan search description ini agar lebih efektif adalah kalian gunakan kalimat pemancing atau yang sifatnya membuat penasaran, sehingga akan menambah kemungkinan menambah pengunjung blog.

Contohnya adalah jika kalian membuat artikel dengan judul Cara agar blog diterima google adsense dalam sekali daftar, maka kalian buat deskripsinya kurang lebih sepertini, ini tips dan trik terbaik serta terjitu agar blog kalian diterima google adsense dalam sekali daftar.

Dengan memasukan deskripsi diatas, maka orang yang memang sedang membutuhkan informasi tersebut akan makin penasaran karena disana ada beberapa kalimat pemancing. Dengan menggunakan tools search deskription ini terbukti akan menambah jumlah pengunjung karena kalian telah memancing mereka dengan deskripsi yang membuat mereka penasaran.

12. Pemilihan Judul
Cara jitu agar blog banyak pengunjung lainya adalah dengan memilih judul yang pas, yang sekiranya banyak dicari orang dan mengandung kalimat pancingan yang membuat penasaran.

Contoh kata kunci yang orang lain cari di internet adalah cara memasak nasi goreng kecap, maka kalian buatlah judul yang lebih membuat penasaran bagi calon pembaca seperti cara memasak nasi goreng super lezat sendiri. 

Dengan melakukan trik ini, calon pembaca akan merasa lebih tertarik pada judul yang telah kalian buat dan memungkinkan mereka mengunjungi blog kalian. Cara ini cukup efektif dan ada baiknya kalian terapkan pada setiap artikel yang kalian buat.

13. Template
Pemilihan template menjadi salah satu hal yang krusial namun bisa dijadikan cara jitu agar blog banyak pengunjung. Sejak tahun 2016, google telah mengumumkan bahwa mereka akan berfokus ke pengguna smartphone sehingga para blogger harus bisa menyesuaikan blog mereka dengan smartphone.

Salah satu hal yang mesti kalian lakukan adalah menggunakan template SEO responsif yang bisa didapatkan dengan cara membelinya, atau mengunduhnya secara gratis di berbagai web dan blog yang menyediakan template.

Template responsif sangat dianjurkan karena tampilan blog akan menyesuaikan dengan device yang sedang dipakai oleh pembaca. Jika kalian tidak menggunakan template responsif maka kemungkinan pembaca akan merasa kurang nyaman ketika membaca artikel di blog kalian.

14. Share Link
Cara jitu agar blog banyak pengunjung selanjutnya adalah dengan melakukan share link blog kalian ke situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, instaggram, dan yang lainya. Hal ini bertujuan untuk mencari pengunjung blog dari luar mesin pencarian seperti google, bing, yahoo, dan yang lainya.

Hal ini akan lebih efektif untuk dilakukan jika kalian mempunyai grup atau fanspage facebook yang memiliki jumlah member sudah banyak. Namun untuk melakukan share link ini sebenarnya tidak harus selalu mengandalkan grup atau fanspage.

Jika artikel yang dibuat adalah konten yang sedang viral, serta sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat, maka kemungkinan akan mendatangkan pengunjung yang cukup banya.

15. Menggunakan Backlink
Cara jitu agar blog banyak pengunjung yang terakhir adalah menggunakan backlink, cara ini sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang, untuk mendapatkan backlink sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menggunakan jasa backlink.

Namun tentu itu harus mengeluarkan biaya, cara lain yang untuk mendapatkan backlink yang admin sendiri lakukan adalah menyematkan satu atau dua URL di blog lain yang sudah populer dan memiliki banyak pengunjung. 

Hal ini cukup efektif untuk menaikan jumlah visitor blog kita, namun sebelum itu tentu kita jiga harus berkompromi dulu dengan sang pemilik blog karena backlink yang diberikan juga harus seimbang dengan backlink yang didapatkan oleh pemilik blog yang kita gunakan untuk menanam backlink.

Pada intinya jika kalian ingin menggunakan backlink, carilah teman sesama blogger yang sudah mempunyai traffic yang cukup besar, lalu ajaklah dia untuk saling bertukar backlink sehingga menguntungkan bagi blog dari kedua belah pihak.

Atau kalian bisa menulis artikel di detik news, Kompasiana, dan masih banyak lagi. 

Saran yang paling dasar dan paling saya rekomendasikan adalah kalian berusahalah membuat artikel yang baik serta berkualitas terlebih dahulu, lakukan secara konsisten baik itu satu hari satu artikel, bahkan kalau bisa lebih banyak lebih baik.

Dengan demikian blog kalian mempunyai banyak konten yang akan membuat pengunjung makin betah untuk menyelami blog kalian.

Komentar

  1. yang susah itu bikin artikel no copas

    BalasHapus
  2. Yang terakhir sabar,,,semua gak ada yg instan

    BalasHapus
  3. @faisalstudio, nah itu, tapi alhamdulilah blog ini semua artikelnya original. :D

    BalasHapus
  4. @maseko, nah itu 👉 tidak ada yang instan. Gak kayak makan cabe yang pas dimakan langsung pedas :D

    BalasHapus
  5. terimaksih kak, ini sangat membantu bagi saya

    BalasHapus
  6. blok walking
    share link
    share di media sosial
    itu yang sangat recomendet menurut saya.
    tambahan kalo ada modal sih bisa pakai iklan fb ads atau adword
    kunjungi website saya di kirimartikel.com yah !!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendaftarkan Blog Ke Semua Search Engine Sekaligus Dengan Cepat

Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Tampil Di Mesin Pencari Google

Cara Menjaga Pola Makan Sehat