Cara Optimasi SEO On Page Untuk Pemula Terbaru 2019

Kalian Blogger pemula, apa kalian sudah melakukan optimasi SEO on page agar blog kalian bisa berada di halaman pertama mesin pencarian.

Salah satu faktor penting yang menentukan blog kalian bisa berada di page one atau halaman utama mesin pencarian adalah dengan melakukan teknik search engine optimization atau lebih dikenal dengan nama SEO.

Cara Optimasi SEO On Page

SEO sendiri terbagi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page, yang akan kita bahas kali ini adalah SEO on page, atau dalam kata lain adalah pengoptimasian blog, mulai dari URL, template, artikel, keyword, dan yang lainnya.
Baca Juga :
   Cara Agar Blog Dan Artikel Terindex Google
   Rahasia Blog Banyak Pengunjung
   Diterima Adsense Dalam Sekali Daftar, Mau?
SEO on page sendiri mengharuskan kita mengoptimalkan yang ada di blog kita seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lalu bagaimanakah cara sederhana melakukan teknik SEO on page secara sederhana, berikut ini dibawah ini cara melakukan optimasi SEO on page.

01. Gunakan Custom Permalink
Bagi blogger yang menggunakan blogspot, kalian bisa menggunakan custom permalink untuk memperpendek jarak URL, hal ini akan membuat perayapan mesin pencarian menjadi lebih efektif jika dibandingkan dengan URL yang panjang.

Contohnya adalah, jika kalian menuliskan artikel dengan judul 2 cara jitu mendapatkan uang legit dari internet 2019, maka URL yang akan tampil ketika kalian tidak melakukan permalink kurang lebih akan seperti ini https;//contohblog.blogspot.com/2018/12/2-cara-jitu-mendapatkan-uang-legit-dari.html. Jika kalian menggunakan custom permalink maka URL tersebut bisa diperpendek menjadi https://contohblog.blogspot.com/2018/12/-cara-mendapatkan-uang-di-internet.html. 

Dengan menggunakan tool permalink ini, kalian bisa memperpendek URL artikel yang akan kalian  publish nantinya. Namun sebelum kalian mempublish, coba cek terlebih dahulu apakah kata kunci atau keyword pada artikel kalian sudah dimasukan ke URL yang menggunakan custom permalink.

Hal yang harus kalian perhatikan jika meggunakan custom permalink ini adalah jangan lupa untuk memasukan kata kunci atau keyword yang telah kamu simpan di judul. Dengan demikian URL artikel yang ada pada blog kalian akan lebih mudah untuk dirayapi oleh mesin pencari.

Dari hasil research yang telah dilakukan oleh berbagai sumber mengatakan bahwa 3 sampai 5 kata pertama pada URL memiliki nilai lebih yang akan membuat proses perayapan mesin pencari menjadi lebih mudah, sehingga kemungkinan besar URL pendek yang telah kalian buat akan lebih cepat ditemukan bila dibandingkan dengan blog lain yang memiliki URL panjang.

02. Optimasi Gambar
Seperti kalian ketahui, google sangat suka dengan blog yang banyak dikunjungi orang dengan menggunakan penelusuran organik atau mengunakan mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan yang lainya.

Untuk bisa mendatangkan banyak visitor organik dengan baik, maka kalian perlu melakukan optimasi pada gambar yang telah kalian upload. Cara optimasi gambar yang paling sederhana adalah gunakan gambar yang menarik dan relevan dengan isi artikel.

Prinsip pemikiran sederhanya adalah setiap orang yang mengunjungi blog kalian akan merasa nyaman karena disuguhi artikel yang serta gambar yang berkualitas. Perlu kalian ketahui bahwa kebanyakan orang lebih suka mengunjungi blog yang mempunyai tampilan berkualitas. 

Arti berkualitas disini tidaklah harus menggunakan banyak pernak-pernik widget yang nantinya hanya akan memberatkan blog kalian. Berkualitas yang dimaksud disini adalah blog yang kalian sajikan memiliki tampilan simple dan fast loading, dibarengi dengan artikel yang jelas, yang bisa menyelesaikan masalah sang pembaca, serta menggunakan gambar yang menarik dan relevan dengan isi artikel.

Selain itu, manfaat menggunakan gambar yang menarik juga akan menambah interaksi antara konten dan pembaca, yang mana akan membuat mereka makin antusias untuk menyelami aertikel pada blog kalian.

Hal lain yang harus kalian perhatikan dalam mengoptimalkan gambar adalah penggunaan alt, usahakan kalian memasukan kata kunci yang menjadi target kedalam alt text untuk memberikan lebih banyak petunjuk pada mesin yang terdapat pada semua halaman blog kalian yang nantinya akan meningkatkan penelusuran organik.

03. Meta Description
Jika kalian lihat secara ditel ketika kalian melakukan penelusuran, maka biasanya kalian akan melihat deskripsi yang ada dibagian bawah judul. Deskripsi ini akan memberikan efek yang baik untuk SEO on page. 

Dengan menggunakan deskripsi, kalian bisa memasukan kalimat dengan fokus utama kata kunci yang mengundang rasa penasaran bagi orang yang melihatnya. Isilah deskripsi dengan 160-170 karakter atau kalimat yang menarik, berisikan kata kunci yang pas dengan artikel, bersifat informatif dan relevan. 

04. Buat Artikel Yang Panjang, Informatif, dan Jelas
Seperti yang kalian ketahui bahwasanya google tidak menyukai blog yang memiliki lebih banyak konten berupa gambar, google lebih menyukai blog yang berisikan artikel yang lengkap, jelas, dan kaya akan informasi.

Maka untuk melakukan optimasi SEO on page, yang pertama harus kalian lakukan adalah membuat artikel yang panjang dan kaya akan informasi yang bermanfaat. Hindari mengunakan kata yang berbelit-belit demi mendapatkan artikel yang panjang.

Buatlah artikel yang mudah dipahami pembaca dan memiliki informasi yang padat, semakin panjang artikel yang kalian buat, maka kata kunci atau keyword pada artikel pun akan semakin banyak. Hal ini akan berdampak positif karena bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Baca Juga Artikel Blog Keren Lain disini 

05. Menggunakan Title Tags
Hal yang harus kalian perhatikan dalam SEO on page adalah gunakan metode title tags, caranya kalian letakan kata kunci di awal judul karena hal itu bernilai lebih baik jika dibandingkan dengan kata kunci yang ada di tengah atau di akhir judul.

Namun bukan berarti keyword yang disimpan di tengah judul tidak akan optimal, pada intinya adalah jika judul yang kalian buat bisa memikat hati calon pembaca, maka cobalah letakan kata kunci di bagian depan, namun bila judul yang kalian buat kurang menarik, barulah simpan di bagian tengah atau belakang, dan judul bagian depan di isi dengan kata yang bisa memikat hati calon pembaca. 

Kebanyakan blogger pemula biasanya tidak mau untuk melakukan teknik SEO on page ini, entah kenapa terkadang mereka sudah merasa malas ketika mendengar dan harus mengaplikasikan kata SEO ini.

Ada baiknya kalian belajar optimasi SEO on page ini secara perlahan-lahan, teruslah belajar dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin seputar SEO dari sumber-sumber yang bisa dipercaya, lalu cobalah aplikasikan sedikit-sedikit ke blog kalian.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendaftarkan Blog Ke Semua Search Engine Sekaligus Dengan Cepat

Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Tampil Di Mesin Pencari Google

Cara Menjaga Pola Makan Sehat